Laman

Minggu, 30 Oktober 2016

Trend dan Inovasi Sistem/Teknologi Informasi Saat Ini

policeinnovationconference.com



Dari tahun ke tahun, dunia teknologi selalu menyuguhkan sebuah inovasi baru. Pada tahun sebelumnya tren inovasi yang berkembang dan sedang banyak diminati seperti smartphone yang memiliki fitur canggih dan berteknologi tinggi, sistem operasi yang lebih canggih dan sebagainya. Dari situ dapat terlihat bahwa teknologi bersifat sangat dinamis, berkembang dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2016 ini ada beberapa inovasi teknologi yang menjadi sebuah tren baru di dunia teknologi. Apa saja kah itu? Nah, pada bahasan kali ini saya ingin mengulas sedikit mengenai tren inovasi sistem informasi dan teknologi yang sedang berkembang saat ini, khususnya di tahun 2016 ini, yaitu:

1.     Wearable Device
Berbicara mengenai wearable device dimana sistem maupun teknologi canggih yang dibuat lebih difungsikan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Teknologi tersebut dapat dipakai atau melekat di tubuh si pengguna. Identik dengan ukuran yang kecil namun memiliki segudang manfaat.

Contohnya saja seperti smartwatch yang masih menjadi tren hingga saat ini. Perangkat elektronik ini berbentuk seperti jam tangan yang terhubung dengan smartphone. Near-universal understanding dari smartwatch sebenarnya memanfaatkan teknologi nirkabel untuk berkomunikasi dengan smartphone. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth. Perangkat ini tidak dirancang untuk menjadi pengganti ponsel akan tetapi dimaksudkan untuk alert, seperti pesan maupun panggilan tidak terjawab.

www.tech4d.it


Lalu juga ada ili.Sebuah wearable device, perangkat penerjemah yang memungkinkan untuk menerjemahkan bahasa tanpa menggunakan internet. Penerjemah ini berupa perangkat kecil yang bisa digantung di leher sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya.
www.iamili.com



2.     3D Printer
Ingin mencetak sebuah desain secara 3 dimensi? Ini adalah jawabannya. Printer 3D merupakan sebuah inovasi teknologi dimana kita bisa mencetak sebuah karya secara 3 dimensi. Printer 3D juga dikenal sebagai prototipe cepat atau stereolithography di mana sebuah objek tiga dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan. 
www.freedee.hu

Printer 3D merupakan salah satu inovasi baru di dunia percetakan. Jika sebelum kemunculan printer 3D kita hanya bisa mencetak secara 2D maka saat ini kita juga bisa mencetak secara 3D. So what ideas you want to make it real?

3.     Virtual Reality
id.tutorialnetworks.com

Inovasi selanjutnya adalah teknologi virtual reality. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat user dapat seolah-olah sedang berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Pengguna akan merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Contohnya seperti berada dalam sebuah dunia game yang sedang pengguna mainkan saat itu.

4.     Streaming Televisi
www.macworld.com

Streaming television dimana tayangannya terkonsep, selalu diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa diakses oleh publik secara bebas. Untuk dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menguhubungkan ke komputer pribadi kita dengan koneksi Internet berlangganan kapanpun dan dimanapun kita berada. Streaming tv juga bisa diakses melalu berbagai perangkat misalnya saja, Laptop, smartphone, perangkat yang hampir selalu kita bawa dalam aktivitas sehari-hari.

5.     Smartphone, Semuanya Dalam Satu Sentuhan
Di tahun 2016 ini telah banyak kebutuhan-kebutuhan kita yang bisa dipenuhi hanya semudah menekan sebuah tombol di smartphone.
NDTV Gadgets360.com

Misalnya saja Gojek, Grab, Ubber dan sejenisnya yang menjanjikan kemudahan untuk pengguna dalam memesan angkutan umum. Selain itu kita juga bisa memesan makanan, barang, tukang servis dan laninnya hanya lewat smartphone saja. Hanya dengan menekan apa yang kita butuhkan maka semuanya beres. Tentunya hal ini juga menjadi nilai plus karena jika dilihat dari efisiensi waktu yang sangat cepat dan mudah.

Itulah beberapa pembahasan mengenai tren inovasi teknolog yang sedang berkembang saat ini. Beberapa yang saya ulas diatas telah kita rasakan manfaatnya, meskipun ada yang belum karena harga yang masih mahal. Namun, dari situ dapat kita lihat bahwa teknologi selalu berkembang ke arah yang lebih baik sehingga memudahkan pekerjaan kita. Mungkin ditahun-tahun selanjutnya akan ada inovasi sistem informasi dan teknologi informasi yang lebih canggih kedepannya.


“NEWSPAPER TO IPAD, broadcast TV to Internet television, film to digital, telephone to text message, cassette player to iPod, communications technologies continue to change as the conventional mass media go digital.”-Media Now




Priskyra





Referensi:
Buku Media Now
Detikbaru.com
Wikipedia.org

5 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. mantap infonya, nice and thanks ya~!

    BalasHapus
  3. Trimakasih prisky. Infonya sangat berguna buat orang awam yg sedang belajar seperti saya.

    BalasHapus
  4. Wih kekinian nih topiknya
    Nais info Prisky, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  5. Makasih info2 dari artikelnyaa. Keep writing yaa!!

    BalasHapus