Minggu, 13 November 2016

Inovasi SI dan TI di Masa Depan

www.mrhamlin.ca

Selamat datang .. J
Ada hal yang berbeda dari postingan saya kali ini. Mengapa? Karena saya akan mengajak pembaca untuk menghayal dan berimajinasi. Pada kesempatan ini saya akan mengajak pembaca untuk berimajinasi membayangkan teknologi yang akan ada dan dimanfaatkan dimasa depan. Teknologi berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa tahun kedepan, kita mungkin akan menyaksikan beberapa inovasi teknologi yang menakjubkan yang belum pernah kita banyangkan sebelumnya. Teknologi yang tercipta di masa depan merupakan hasil dari pemikiran dimasa sekarang.

Berikut beberapa teknologi yang diperkirakan akan ada di masa depan:

1. Inernables
tekno.liputan6.com

Jika pada postingan sebelumnya saya mengulas mengenai wearable device yang sekarang ini sangat populer dan banyak dikembangan oleh perusahaan-perusahaan teknologi, maka yang akan ada di masa depan adalah Inernables. Apakah itu inernables? Inernables merupakan sebuah perangkat yang akan langsung dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Teknologi yang juga disebut dengan internables ini nantinya akan memiliki fokus yang sama dengan perangkat monitor tubuh eksternal saat ini. Hanya saja, sesuai namanya, perangkat ini akan ditanamkan di tubuh pengguna. Kemunculan inovasi teknologi ini karena beberapa penggunaan wearable device dirasa belum selalu memuaskan. Sebab, terkadang penggunaan perangkat ini masih terasa merepotkan. Ditambah lagi hasil pengukuran dan informasi yang diberikan tidak selalu tepat.


2. Satu sistem dalam beberapa komputer? Kenapa tidak.

pinterest.com

Dimasa depan kita akan menjumpai bahwa gadget tidak akan ditentukan oleh ukurannya ataupun sistem operasinya. Gadget atau komputer di masa depan akan berfungsi sebagai otak dari ekosistem komputer dimana telefon, laptop, dan tablet adalah setara. Telefon berukuran tablet, tablet berukuran telefon, laptop dengan desain mobile, dan perangkat mobile dengan fungsi layaknya laptop juga merupakan contohnya.


3.  Self-Driving Cars
youtu.be/OT-WhBKLL8E

youtu.be/OT-WhBKLL8E


Kita lanjutkan dengan “Self-Driving Cars”. Sudah terlihat dari namanya bahwa dimasa depan akan ada mobil yang mampu berkendara sendiri. Bagaimana? Menarik bukan? 
Dikutip dari news.idntimes.com, mobil ini dilengkapi sensor dan kamera di hampir semua bagiannya ini mampu berhenti secara otomatis apabila ada kendaraan lain didepannya. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi mereka yang sangat sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk bermacet-macetan di jalan.

4. Tampilan Holografis
winpoin.com

Tampilan holografis saat ini semakin dekat dengan realisasi. Ini dikembangkan dari sebuah chipset yang dapat memroyeksikan video di sebuah bidang diagonal sebesar 48 inci. Jika digabungkan, proyektor-proyektor ini dapat membuat gambar yang lebih kompleks. Bahkan, keyboard proyeksi sudah direalisasikan. Pada Smartphone juga sedang dikembangkan interface 3D. Salah satu perusahaan di bahkan sudah meluncurkan smartphone yang bisa menampilkan gambar 3D dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya. Smartphone ini bahkan bisa merespon pergerakan jari, sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar.


Namun, secanggih apapun teknologi dimasa depan nantinya. Pasti tetap ada dampak positif ataupun negatif. Tergantung bagaimana kita mamanfaatkan teknologi tersebut untuk kehidupan yang lebh baik lagi dimasa depan.

“Teknologi telah mengubah segalanya. Dan teknologi masa depan akan mengubah segalanya yang ada hari ini. setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik. “-Bijakkata.com




Priskyra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar