Selasa, 12 Januari 2016

Volunteer

sumber foto disini


Pernah mendengar istilah volunteer? Volunteer atau juga bisa disebut sebagai relawan adalah orang yang secara sukarela menyediakan waktunya untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Relawan berarti mendedikasikan diri anda untuk kepentingan umum, karena pada hakikatnya seorang volunteer bekerja bukan hanya untuk memenuhi keinginan pribadi saja namun juga memikirkan kepentingan orang banyak. Volunteer berarti bekerja dengan sukarela tanpa mengharapkan suatu imbalan. Volunteer memiliki peranan dalam menyukseskan suatu program. Volunteer memberikan energi positif yang dapat mempengaruhi sekitar untuk lebih berbuat baik dengan memberikan manfaat lebih banyak.

Volunteer juga berarti si penyuntik energi positif. Kenapa saya bilang begitu? Karena menurut saya ketika relawan sedang melakukan suatu tindakan yang membuat suatu perubahan yang lebih baik sekecil apapun itu, maka akan muncul energi positif yang membuat orang lain tergerak untuk melakukan hal yang serupa. Alhasil membuat sebuah program menjadi lebih hidup karena suntikan energi yang diperoleh dari seorang volunteer dapat membangkitkan semangat tim lainnya.

Di indonesia kegiatan volunteer telah berkembang seperti, Indonesia Mengajar, Palang Merah Indonesia, dan lain sebagainya. Bahkan untuk ruang lingkup yang kecil kita mungkin bisa menjadi seorang volunteer dalam kegiatan di sekitar tempat tinggal kita, sekolah, kampus, dan lainnya. Karena menjadi volunteer tidak terbatas oleh tempat.

Bahkan hari relawan sedunia atau biasa disebut International Volunteer Day diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapat jika kita menjadi volunteer? Berikut saya meringkasnya dari berbagai referensi sumber:

1. Membuat kita bahagia
Ketika kita memutuskan untuk menjadi volunteer berarti secara tidak langsung kita membantu orang untuk menjadi lebih baik. Bahkan diri kita sendiri pun juga insyaAllah juga bisa menjadi lebih baik. Karena menjadi volunteerberarti menolong orang lain dan ketika kita menolong maka kita akan merasa berguna bagi orang lain disekitar kita.Sehingga muncul perasaan bahagia dalam diri kita.

2. Meningkatkan networking
Ketika menjadi volunteer pastinya kita akan bertemu dengan banyak orang. Bahkan bertemu dengan orang-orang yang hebat. Dan tentunya kita bisa belajar banyak dari mereka. Dengan tambahan komitmen yang kita bangun dan pertahankan ketika menjadi volunteer maka kita akan mendapat kepercayaan dari orang lain.

3. Mendapat pengalaman yang bakal jadi pelajaran berharga
Justru dengan menjadi volunteer nanti kita akan mendapatkan pelajaran berharga yang datang dari proses ketika menjadi seorang volunteer, bertemu dengan orang-orang yang mempunyai segudang pengalaman sehingga meningkatkan pemahaman kita lebih dalam.

4. Meningkatkan rasa kepedulian
Rasa egois tentunya ada dalam setiap diri, dan akan berkurang karena rasa kepedulian kita yang meningkat.Karena kepedulian adalah langkah awal untuk membawa kebermanfaatan bagi orang lain. Dari situlah semuanya dimulai J

5. Hidup menjadi lebih berarti
Ketika apa yang kita lakukan sebagai volunteer memberikan manfaat dan perubahan yang baik maka kita akan merasakan bahwa sebagai manusia kita bisa menjadi orang yang lebih berarti meskipun yang kita lakukan sederhana.

6. Meningkatkan keterampilan
Dengan menjadi volunteer maka tentu saja kita akan mengerjakan sesuatu diluar kebiasaan kita. Dari situlah kita belajar hak-hal baru yang buahnya adalah dapat meningkatkan keterampilan.

7. Mendapat pahala
Pada point nomor tujuh ini pastinya akan kita peroleh jika kita melakukannya dengan niat awal yang baik.

Itulah sedikit ulasan mengenai volunter  atau juga bisa disebut sebagi seorang relawan.


“Kita (volunteer) melakukannya bukan karena kita tidak berharga bukan? tetapi karena kita terlalu berharga untuk dibayar dengan sejumlah uang.”






-Priskyra-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar