Jumat, 08 Januari 2016

Random Act of Kindness

Sumber foto: Disini

Dari judulnya mungkin sebagian sudah ada yang bisa menebak apa yang ingin saya bahas dalam postingan kali ini. Dalam kehidupan kita sehari-hari pasti kita pernah mengalami suatu kejadian yang menarik atau bahkan dapat menggugah hati nurani kita. Lebih jauh lagi kejadian tersebut dapat menginspirasi orang lain disekitar kita. Sebuah kebaikan kecil yang mungkin bagi sebagian orang dianggap sepele, namun ternyata tindakan tersebut dapat membuat perubahan yang lebih baik.
Kali ini saya akan sedikit berbagi sedikit apa yang saya ketahui tentang Random Act of Kindness atau biasa disebut dengan RAK. Sebenarnya istilah tersebut telah ada sejak lama. Ungkapan ini diciptakan oleh seorang penulis wanita asal Amerika yaitu Anne Herbert. Ia menulis “Practice random kindness and senseless acts of beauty.” Random Act of Kindness adalah melakukan kebaikan secara acak diamanapun, kapanpun, dan dengan siapapun tanpa pandang bulu.
Dalam kehidupan kita sehari-hari misalnya, pernah melihat ada orang yang membantu nenek-nenek menyebrang? Itu adalah satunya. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa tindakan sederhana yang lainnya: 



























Dan masih banyak lagi~

Selain tindakan diatas, kita juga dapat melakukan beberapa tindakan yang mungkin dapat membuat keadaan menjadi lebih baik seperti:

Menanyakan kabar
Dengan menanyakan kabar dapat membuat seseorang merasa diperdulikan. Dengan ucapan sederhana ini dapat berarti banyak bagi mereka.

Menyapa
Mungkin saat kita sedang berada dijalan dan bertemu dengan teman, sahabat, tetangga kita dapat menyapa mereka.

Memberikan senyuman
Sebuah tindakan yang tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan oleh semua orang. Mungkin ada beberapa orang yang kita temui hari ini tidak dalam suasana hati yang baik, dengan memberikan senyuman yang tulus mungkin sedikit memberi semangat untuk mereka.

Menjadi pendengar yang baik
Dengan mendengarkan orang lain yang sedang berbicara kepada kita, berarti kita menghargai orang yang sedang berrbicara kepada kita.

Mengatakan terima kasih
Berterima kasih dan bersyukur atas apa yang telah kita terima hari ini.

Manfaat yang dapat kita peroleh
  • Membuat hati kita menjadi tenang dan bahagia
  • Kita lebih menghargai diri sendiri
  • Mempererat tali persaudaraan
  • Membuat diri kita merasa berarti bagi orang lain
  • Memberikan energi positif dimanapun kita berada
  • Menjadi sumber inspirasi bagi orang lain


    Itulah sedikit mengenai Random Act of Kindness. Ternyata dengan kebaikan-kebaikan sederhana dapat memberikan dampak positif bagi orang lain, lingkungan sekitar dan diri kita sendiri. Bahkan tindakan-tindakan tersebut dapat menular ke orang lain untuk berbuat hal serupa. Sehingga kebaikan yang telah kita lakukan dapat mengalirkan kebaikan-kebaikan lainnya.

    "Ini tentang bagaimana kita bisa saling membantu satu sama lain. Sesederhana itu.”

    Jauh di lubuk hati semoga apa yang saya bagikan kali ini dapat menginspirasi pembaca dan juga saya pribadi atau paling tidak dapat membuat pembaca tersenyum :)

    Sebagai tambahan ada sebuah video yang mungkin lebih menginspirasi pembaca :)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar