Minggu, 17 Januari 2016

Maaf

PHOTO CREDIT: batteredwarrior.typepad.com

“Maaf, saya datang terlambat”

“Maaf saya tidak sengaja...”


Beberapa ungkapan diatas mungkin sering kita dengar atau bahkan kita alami sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita pernah berbuat salah pada keluarga, teman, sahabat, bahkan orang yang baru kita temui hari ini. Tidak sengaja menginjak kaki, datang terlambat, tidak sengaja menabrak orang ketika kita sedang berjalan, atau mungkin ketika kita melupakan sesuatu. Semua itu memang wajar terjadi, karena pada hakikatnya tidak ada satupun manusia yang tidak pernah malakukan salah.

Dalam KBBI maaf adalah pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan.

Mungkin beberapa orang merasa enggan untuk meminta maaf karena suatu alasan. Menurut saya orang-orang yang mau memaafkan adalah orang-orang yang secara tidak langsung memeberikan orang lain kesempatan.

Namun, ternyata dengan memaafkan dan meminta maaf kita akan memperoleh beberapa manfaat diantaranya:

1. Terhindar dari sifat dendam dan kebencian
2. Menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang
3. Membuat hubungan antara sesama menjadi lebih baik
4. Memberikan rasa tenang dan tentram dalam hati
5. Mengurangi kegelisahan
6. Terlepas dari perasaan bersalah
7. Mempererat hubungan persaudaraan

Akhir kata, saya mememinta maaf apabila ada kesalahan dalam tulisan saya kali ini.

“Maaf adalah wangi yang diusapkan violet pada tumit yang menginjaknya.”-Mark Twain




-Priskyra-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar